Tips Dan Cara Mengurus Ijazah SMA Yang Hilang

12 tahun berada di bangku sekolah, mulai dari SD, SMP hingga SMA dan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, kamu semua pastinya menyimpan baik baik masing masing Ijazah dari setiap jenjang pendidikan khususnya bagi lulusan SMA karena di jenjang pendidikan ini banyak masyarakat indonesia dapat melanjutkan ke perguruan tinggi dan juga untuk mencari pekerjaan dengan lumayan mudah, tergantung kegigihan juga sih,

tapi entah bagaimana banyak juga teman teman yang kehilangan ijazah SMA nya, mungkin karena sebuah musibah alam, pencurian dan sebagainya,

di artikel ini saya mencoba memberi tips  bagi teman teman yang ingin mengurus ijazah khususnya SMA bahkan ijazah SMA paket C setara SMA yang hilang,


Pertama yang harus dilakukan adalah cek kembali isi lemari dirumah dan sobat ingat baik baik dimana ijazah terakhir kali kamu simpan jika memang hilang dan pastikan dimana kamu kehilangan ijazah tersebut,

Kedua jika memang tidak juga menemukannya, kamu harus membuat laporan surat kehilangan terlebih dahulu di kantor polisi daerah tempat kamu bersekolah atau pun tinggal, jika domisili kamu dengan alamat sekolah kamu berbeda propinsi ada baiknya mengurus surat kehilangan nya di kantor polisi daerah kamu bersekolah,

Ketiga setelah kamu mendapatkan surat keterangan kehilangan tersebut, selanjutnya adalah kamu menuju kesekolah tempat dimana kamu lulus untuk meminta surat kehilangan atau surat keterangan rujukan bahwa kamu memang lulusan dari sekolah tersebut, berbeda dengan lulusan Paket C kamu cukup langsung menuju ke kantor dinas pendidikan dimana ijazah kamu diterbitkan atau kamu dapatkan saat kamu mengikuti ujian kesetaraan paket C,

Keempat ketika kamu telah mengurus surat keterangan dari sekolah bahwa kamu benar lulusan sekolah tersebut kamu bisa langsung menuju kekantor dinas pendidikan setempat dikota dimana kamu lulus, serahkan surat keterangan kehilangan dari kepolisian beserta surat rujukan dari sekolah kamu tersebut kepada petugas di kantor dinas pendidikan bidang PFNI untuk dibuatkan surat keterangan sah pengganti untuk ijazah yang hilang,

Berbeda cara untuk mengurus ijazah paket C yang hilang, dikantor dinas pendidikan kamu di wajibkan mencari saksi sesama siswa yang sama-sama dengan kamu mengikuti ujian kesetaraan paket C entah satu ruangan atau pun beda ruangan saat ujian berlangsung tetapi kamu mengenalnya dan tahu dimana alamat rumahnya, karena yang kamu butuhkan dari saksi tersebut adalah foto copy KTP nya dan tanda tangannya yang hanya untuk memastikan bahwa benar jika kamu pernah mengikuti ujian kesetaraan paket bersama dengan saksi tersebut.

Jika pun kamu lupa dan tidak tahu siapa saja dan dimana rumah saksi saksi tersebut, mungkin kamu bisa meminta keringanan kepada petugas dinas pendidikan terkait untuk mencarikan berkas berkas bahwa kamu memang pernah mengikuti ujian kesetaraan paket C yang ijazahnya di terbitkan oleh kantor dinas pendidikan tersebut,

Kelima jangan lupa sebelum kekantor diknas siapkan 3 lembar pas foto 3x4 berwarna atau pun hitam putih tergantung permintaan atau persyaratan dari diknas yang mengurusnya dan juga 3 lembar materai 6000 yang nantinya ditempelkan disurat keterangan ijazah pengganti yang hilang,

Nah selamat ijazah kamu yang hilang telah diterbitkan kembali dan pastinya ini adalah asli karena pengganti ijazah yang hilang ini hanya sebuah surat keterangan yang terdapat foto kamu, materai 6000, cap 3 jari kamu dan stempel dari kepala diknas terkait yang nantinya kamu harus laminating agar tidak mudah rusak,

itulah langkah-langkah berdasarkan pengalaman yang saya lakukan tanpa harus menunggu lama atau meminta tolong kepada orang lain, kalau pun tidak terburu-buru tidak masalah menyerahkan semuanya kepihak yang mewakili seperti minta tolong agar pihak sekolah yang mengurusnya, tetapi saya menyerankan sobat langsung yang mengurusnya agar lebih cepat.

Postingan terkait:

40 Tanggapan untuk "Tips Dan Cara Mengurus Ijazah SMA Yang Hilang"

  1. Thanks kak sudah share infonya, bermanfaat nih buat yang mau urus ijazah yang hilang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kembali titis ^.^

      Delete
    2. ASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CERITA CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah, hati hati teman banyak jasa pengurus yang tidak benar contoh'nya saya pernah adakan pengurusan di salah satu web ijasah di google ternyata hasil'nya saya hanya di TIPU, tapi saya'pun tetap bersabar dan alhamdulillah ternyata semua itu ada hikma'nya, dan suatu hari kemudian tak di sangka saya bertemu salah satu anggota keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0853-2174-0123, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya yang hilang mulai dari SD sampai S1 yang kemarin saya jadi korban kebakaran dan alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0853-2174-0123, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsun selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, syarat dan ketentuan cara ngurus ijasah di bawah ini wassalam.....

      1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
      – Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
      – Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
      – Drop out takut dimarahin ortu
      – IPK jelek, ingin dibagusin
      – Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
      – Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
      – Dll.
      2. PRODUK KAMI
      Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
      SARJANA (S1, S2)..
      Hampir semua perguruan tinggi kami punya
      data basenya.
      UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
      UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
      UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
      UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
      UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
      UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
      UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
      AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
      UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
      INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
      STIE SUKABUMI YAI
      ISTN STIE PERBANAS
      LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
      STIMIK UKRIDA
      UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
      UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
      UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
      UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
      UNIVERSITAS SAHID DLL

      3. DATA YANG DI BUTUHKAN
      Persyaratan untuk ijazah :
      1. Nama
      2. Tempat & tgl lahir
      3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
      4. IPK yang di inginkan
      5. universitas yang di inginkan
      6. Jurusan yang di inginkan
      7. Tahun kelulusan yang di inginkan
      8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
      9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk
      10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI,
      11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
      4. Biaya – Biaya
      • SD = Rp. 1.500.000
      • SMP = Rp. 1.500.000
      • SMA = Rp. 2.000.000
      • D3 = 6.000.000
      • S1 = 7.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
      • S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
      • S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
      (kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
      • D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
      (minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
      • Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000

      Delete
    3. Nomor hp BPK DR SUTANTO yang aktif 0823-5240-6469

      Delete
  2. Sy kehlngan ijazah jg..dan pas ngurus disekolahan trnyata seklh jg tdak punya copian ijazah sy..kira2 sy msh bisa ngurus gg ya??trmksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih bisa koq gan,, dengan catatan kemungkinan untuk nilai-nilai ujian tidak ada, karena surat pengganti ijazah resmi hanya dua carik kertas pemberitahuan bahwa agan benar lulusan sekolah tersebut...

      untuk foto copyan ijazah seharusnya sekolah agan memilikinya. atau agan bisa minta bantuan di diknas bagian PFNI tempat dimana ijazah agan diterbitkan.. semoga membantu gan.

      Delete
    2. Punya pengalaman ijazah dari sd sampai sma hilang. Download formulir pengajuan pembuatan ijazah pengganti dan ajukan melalui sekolah kamu. Download di http://aburaksa.blogspot.co.id/2018/01/jika-ijazah-sekolahmu-hilang.html

      Delete
  3. Ijazah sy hilang, sudah 6 bulan sejak november 2015 sy urus di sekolah, semua persyaratan telah sy lempirkan. Termasuk laporan dari kepolisian,... namun sampe skrg pihak sekolah belum jg mengurus surat pengganti ijazah yg hilang. Dengan alasan (pihak TU) selalu sibuk. Saya kesal, bagaimana dan kemana sy harus mengadukan masalah ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf saya lama membalas. Menurut saya tidak ada alasan mengurus pengganti ijazah yang hilang apa lagi hingga 6 bulan, saya pribadi mengurus semua itu seandainya lengkap semua hanya butuh waktu 2 jam, karena surat pengganti ijazah tidak terlalu sulit membuatnya, mungkin agan harus langsung ke dinas pendidikan setempat karena akan lebih cepat, semoga membantu

      Delete
  4. Kena biaya ga si saat mengurus itu?

    ReplyDelete
  5. Kena biaya ga si saat mengurus itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tanpa biaya gan. Yang penting persiapkan saja sendiri seperti materai 6000 dan pas foto,

      Delete
  6. Assalamu'alaikum gan, ijazah saya hilang tapi saya gapunya fotocopy nya, terus gimana apakah masih bisa? Terima kasih mohon cepat dibalas gan .. wassalam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mhon lama karena pekerjaan sangat lama saya membalasnya,, tetap bisa koq,, untuk foto copy mas bisa memintanya di sekolah karena pihak sekolah pasti memiliki fotocopy legalisirnya

      Delete
  7. cuma gitu aja mas,, klo di blog tetangga sebelah rumit2 ya ,, maaf masnya sblmnya ngurus nya di dispendik mana?
    saya di surabaya sekrng lgi urus surat2 nya,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak.. dimana pun sebenernya tidak ribet hanya kita cukup menyiapkan sperti yang saya jelaskan diatas, saya kebetulan ngurusnya di NTB, untuk surabaya sendiri koya besar pastinya lebih mudah, kadang semua tergantung yang mengurusnya di kantor dinas pendidikat setempat.

      Delete
  8. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  9. KALAU SEKOLAH NYA SUDAH TIDAK BEROPERASI LAGI
    APA YG HARUS DILAKUKAN

    ReplyDelete
  10. kalau sekolah sudah tidak beroperasi lagi kemana kita mencari arsip ijazah yg hilang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langsung datangi kantor dinas pendidikan di kota dimana sekolah agan pernah ada.

      Delete
  11. klo ijasah saya salah tanggal lahir itu cara ngurusnya bagemana yah gan.. mohon bantuanya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk kesalahan tanggal lahir pada ijazah. agan bisa konsultasi langsung kesekolah agan. atau agan bisa langsung kedinas pendidikan yang menerbitkan ijazah agan...

      Delete
  12. ada biaya gak keluar saat lapor hilang ke polisi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk biaya saat lapor atau membuat surat kehilangan dari kepolisian pasti ada saya lupa tapi kalau tidak salah hanya 20ribu,atau tidak sampai 50rb.

      Delete
  13. Kalau izajahnya hlng dgn tahun kelulusan yg sdh blsn tahun gmn....??? Apakah sklh msh punya arsip. Sya llsn SMA thn 1999 berarti dh 18 thn yg lalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah lama juga ya,alangkah baiknya agan cek langsung ke pihak sekolah. Biasanya mereka selalu menyimpan arsip seperti surat kelulusan, atau foto kopi ijazah.. Tidak ada salahnya dicoba gan

      Delete
  14. consultan ijazah9 May 2017, 10:21:00

    This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  15. mau nanya gan.. apakah ijasa pengganti itu bisa dipakai untuk pendaftaran CPNS ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa kok gan pengganti ijazah tetap resmi kok.

      Delete
  16. Bang.. Kalo arsipnya tdk ada di sekolah, masih bisa di urus tidak? Yg ada hanya skhu.. Ijazah SMA sy hilang, tdk ada arsipnya..

    ReplyDelete
  17. Tq bos info'a, bermanfaat bnget nih buat ane, ijasah,nem & raport ane hbis d makan rayap,😁nem tinggl sepotong ,tp msih ada kartu siswa/kartu osis th 94 & kartu peserta ebta ,ujian th 96 apa bisa di jadikan bukti bos?

    ReplyDelete
  18. Gan klo masih ada berkas NEM tp sepotong ,trus msih ada kartu siswa/kartu osis,dan kartu peserta EBTA/EBTANS bisa di jadikan bukti gk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa broo.. justru dengan adanya potongan bukti bukti itu bisa mempermudah ketika mengurus agar dapat pengganti ijazah yg dimakan rayap tersebut.

      Delete
  19. ASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CERITA CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah, hati hati teman banyak jasa pengurus yang tidak benar contoh'nya saya pernah adakan pengurusan di salah satu web ijasah di google ternyata hasil'nya saya hanya di TIPU, tapi saya'pun tetap bersabar dan alhamdulillah ternyata semua itu ada hikma'nya, dan suatu hari kemudian tak di sangka saya bertemu salah satu anggota keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0853-2174-0123, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya yang hilang mulai dari SD sampai S1 yang kemarin saya jadi korban kebakaran dan alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0853-2174-0123, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsun selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, syarat dan ketentuan cara ngurus ijasah di bawah ini wassalam.....

    1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
    – Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
    – Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
    – Drop out takut dimarahin ortu
    – IPK jelek, ingin dibagusin
    – Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
    – Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
    – Dll.
    2. PRODUK KAMI
    Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
    SARJANA (S1, S2)..
    Hampir semua perguruan tinggi kami punya
    data basenya.
    UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
    UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
    UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
    UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
    UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
    UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
    UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
    AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
    UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
    INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
    STIE SUKABUMI YAI
    ISTN STIE PERBANAS
    LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
    STIMIK UKRIDA
    UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
    UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
    UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
    UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
    UNIVERSITAS SAHID DLL

    3. DATA YANG DI BUTUHKAN
    Persyaratan untuk ijazah :
    1. Nama
    2. Tempat & tgl lahir
    3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
    4. IPK yang di inginkan
    5. universitas yang di inginkan
    6. Jurusan yang di inginkan
    7. Tahun kelulusan yang di inginkan
    8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
    9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk
    10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI,
    11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
    4. Biaya – Biaya
    • SD = Rp. 1.500.000
    • SMP = Rp. 1.500.000
    • SMA = Rp. 2.000.000
    • D3 = 6.000.000
    • S1 = 7.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
    (kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
    • D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
    (minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
    • Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000

    ReplyDelete
  20. Gan gimana kalo misalnya sekolah tidak mempunyai arsipnya lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langsung kediknas sesuai domisili alamat sekolah nya gan.. bawa surat keterangan dari sekolah.. selain sekolah pasti diknas memiliki arsip atau data kok

      Delete
  21. Terima kasih... petunjuk ini masih relevan juga hingga sekarang.. tetapi kabarnya.. untuk mengurus ijazah hilang.. skrg bisa cukup ke sekolah betsangkutan saja.. dgn bawa surat hilang dr polisi.. masalhnya.. kira2 klo potokopi nggak ada.. nilainya gimana ya? Sbab ijazah jaman dulu ada nilainya..
    Trims sukses selalu

    ReplyDelete
  22. Aku juga kebingungan ni panik lagi ijazah aku hilang dr ijazah SD SMP dan SMP g tau hilang nya dimna setau aku yah dilemari tapi aku cari dimana" ga ada semoga aku bisa ngurus" langsung ke diknas Oya mau nanya ni pengurusannya langsung jadi sehari ?

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar anda sesuai topik, Thanks for visiting and the comment.